Forum Diskusi Profesional 1 B Indonesia [PDF]

  • 0 0 0
  • Suka dengan makalah ini dan mengunduhnya? Anda bisa menerbitkan file PDF Anda sendiri secara online secara gratis dalam beberapa menit saja! Sign Up
File loading please wait...
Citation preview

FORUM DISKUSI MODUL PROFESIONAL 1 PENDALAMAN MATERI B.INDONESIA Kegiatan Belajar 1 Sebagai seorang guru, apakah Saudara pernah mengalami kesulitan dalam mengajarkan teks eksplanasi dan deskripsi di SD kelas tinggi? Bagaimana solusi yang Saudara lakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut? Hasil Diskusi Kesulitan dalam mengajarkan teks eksplanasi dan diskripsi di SD kelas tinggi:  Teks eksplanasi menjelaskan  tentang proses terjadinya fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan dan budaya sedangkan siswa-siswa saya belum bisa menjelaskan, karena untuk menjelaskan fenomena tersebut siswa harus tahu tentang kejadian alam yang akan dijelaskan.  mungkin itu terjadi karena minimnya pengetahuan siswa tentang fenomena alam. Teks eksplanasi juga  dirasakan sebagai materi pembelajaran yang tidak menarik minat sebagian besar siswa. Pada komponen ini membutuhkan konsentrasi, kecermatan, dan kreativitas siswa.  Siswa masih belum betul betul memahami inti yang harus disampaikan dalam penulisan teks eksplanasi. Selain itu teks eksplanasi itu tidak dekat hubungannya dengan siswa. Siswa jarang berkutat atau membaca jenis teks eksplanasi sehingga kurang begitu akrab dalam pikiran mereka mengenai wujud teks eksplanasi.  Kesulitan lain yang muncul berkaitan dengan teks deskripsi dan eksplanasi adalah ketika siswa diminta mewujudkan teks tersebut dalam bentuk tulisan. Siswa cenderung kurang bersemangat ketika diminta menulis, mereka lebih bersemangat mengekspesikan dalam bentuk lisan.  Sedangkan untuk teks deskripsi lebih mudah, karena untuk membuat teks deskripsi bisa dimulai dengan menggambarkan benda-benda yang ada di sekitar kita. misal dengan menyebutkan ciri-ciri alat tulis yang dimilki siswa secara detail.  Dalam mengajarkan teks diskripsi juga mengalami sedikit kesulitan yaitu peserta didik sulit dalam pemilihan kata karena peserta didik kurang terbiasa membaca buku.   Solusi:       1. Teks eksplanasi bertujuan untuk memberikan informasi bukan hanya tentang fenomena alam tetapi juga tentang keadaan sosial,ilmu pengetahuan dan budaya.mungkin agar siswa lebih mudah menulis eksplanasi guru dapat memberikan topik yang mungkin mudah bagi siswa, seperti tentang kebudayaan yang ada di daerahnya.        2. Bisa juga dalam pembelajaran guru menggunakan media audio visual berupa tayangan video (misalnya video proses terjadinya gunung meletus) dengan menyaksikan tayangan video pembelajaran tersebut siswa diharapkan lebih mudah memahami proses terjadinya bencana alam gunung meletus. sehingga siswa lebih mudah dalam memahami teks eksplanasi.       3. sebelum siswa diminta menulis teks eksplanasi maupun deskripsi, guru memberikan contoh beberapa teks yang ada di media cetak. kemudian guru membimbing siswa membuat teks eksplanasi dengan bantuan gambar dan media lain yang lebih menarik.       4. Guru dapat memberikan beranekaragam contoh teks eksplanasi yang sederhana, yang topik permasalahannya terfokus pada ranah pemikiran peserta didik sehingga peserta didik dapat mencerna dengan lebih mudah.



Kegiatan Belajar 2



Sebagai seorang guru, apakah Saudara pernah mengalami kesulitan dalam mengajarkan teks cerita rakyat dan puisi di SD kelas tinggi? Bagaimana solusi yang Saudara lakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut? Kegiatan Belajar 3 Saudara telah mempelajari beberapa contoh jenis teks nonfiksi. Beberapa kasus yang pernah terjadi menunjukan banyaknya buku bacaan untuk siswa usia Sekolah Dasar yang tidak layak beredar dan dikonsumsi oleh anak-anak. Hal tersebut membuat resah para orang tua dan guru karena sangat mempengaruhi perkembangan pemikiran dan imajinasi anak. Berdasarkan kasus tersebut diskusikanlah bersama temannu beberapa hal berikut ini: 1. Apa langkah preventif Saudara dalam melaksanakan pembelajaran materi teks nonfiksi agar teks yang dipelajari sesuai dan layak untuk anak usia Sekolah Dasar? 2. Apa langkah kuratif yang akan Saudara lakukan jika teks nonfiksi yang tidak layak telah beredar ditangan siswa? 3.  Uraikanlah jenis-jenis teks nonfiksi di Sekolah Dasar berdasarkan Permendikbud tentang Standar Isi Kegiatan Belajar 4 Aksara Karya Andi Utama Ajarkan kami wahai guru Kelak kami akan melangkah Seperti bulan dan matahari Agar kami tahu kapan tuk padam dan bersinar Rahmatilah ilmu kami Dalam akhlak dan aksara 1. Mengapa puisi diatas dapat digolongkan pada jenis karya sastra anak ? 2. Bagaimana pengalaman Saudara mengajarkan sastra anak secara reseptif dan produktif? Hasil Diskusi 1. Mengapa puisi diatas dapat digolongkan pada jenis     karya sastra anak ?  Karena puisi diatas  mencerminkan perasaan/harapan anak-anak selaku siswa yang ditujukan kepada guru (mewakili emosi anak).   Dilihat dari segi bahasa, konsep bahasa yang digunakan juga masih sederhana dengan diksi yang apa adanya tidak berlebihan sesuai dengan perkembangan intelektual dan emosional anak-anak.  Dilihat dari temanya juga terlihat bahwa puisi tersebut menggambarkan perasaan seorang anak terhadap guru.  Diksinya sederhana, pada kalimat "Ajarkan kami wahai guru" yang memilki makna seorang anak yang meminta gurunya untuk mendidiknya. Terlihat juga pada kalimat "Kelak kami akan melangkah seperti bulan dan matahari" yang memiliki makna bahwa si aku dalam puisi tersebut nantinya atau kelak ingin menjadi seorang yang punya cita-cita tinggi, itu berarti secara tidak langsung menggambarkan bahwa kondisi si aku pada saat ini masih anak-anak. Sehingga dari isinya tersebut, puisi di atas tergolong puisi anak-anak.



 sastra anak adalah sastra yang di peruntukkan bagi anak, isinya mengenai anakanak baik dalam kehidupan, kesenangan, sifat-sifat, maupun perkembangan anak. puisi tersebut tentang pendidikan anak, jadi termasuk dalam sastra anak.



2. Bagaimana pengalaman Saudara mengajarkan  sastra anak secara reseptif dan produktif? Mengajarkan sastra anak secara reseptif:  Dengan memberi berbagai contoh sastra (yang disesuaikan dengan ranah anak) kemudian anak diminta mengamati dan menyimak mengenai penjelasan guru tentang contoh sastra yang diberikan.  Anak diminta mencari sendiri contoh-contoh sastra melalui majalah anak-anak yang mereka punya, dibuat kliping. Kemudian di dalam kelas nanti diamati dan dipelajari bersama.



Mengajarkan sastra anak secara produktif:  Anak/ peserta didik diminta untuk langsung menciptakan sastra bebas (puisi/pantun/prosa) dengan menentukan tema terlebih dahulu.  Sebelum diminta menciptakan karya, peserta didik sudah dibekali ketrampilan menulis sastra melalui penjelasan dari guru.  Bisa juga pengajaran dilakukan dengan meminta peserta didik untuk langsung membacakan sebuah puisi dengan gaya mereka masing-masing.