5 0 1 MB
PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
kelompok 2 1. Agustina Komala Ningsih 2. Awanisul Huduni 3. Fikri Haikal 4. Gunawansyah 5. Irma Jumhari 6. Kurnia Ariani Dahlia 7. Rizaludin 8. Yana Hafianda Rahim
(E1E3221467) (E1E3221471) (E1E3221475) (E1E3221477) (E1E3221480) (E1E3221485) (E1E3221511) (E1E3221525)
MEMAHAMI DIFERENSIASI PROSES Merupakan Proses mengacu pada bagaimana murid akan memhami atau memaknai apa yang dipelajari. Guru memahami apakah peserta didik belajar mandiri atau kelompok, identifikasi kebutuhan peserta didik selama proses pembelajaran, guru menfariasikan proses pembelajaran tergantung pada bagaimana peserta didik belajar (gaya belajar). Guru harus bisa memastikan bahwa setiap peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dengan cara terbaik yang sesuai untuk mereka.
Melakukan kegiatan berjenjang
Contoh aktivitas
Memberikan pertanyaan panduan melalui sudut minat Memberikan durasi waktu
Kegiatan pembelajaran yang variative
Pengelompokkan yang fleksibel
Melakukan kegiatan berjenjang Setiap peserta didik bekerja untuk mendapatkan pemahaman yang sama namun dilakukan dengan tantangan dan kompleksitas yang berbeda.
Memberikan pertanyaan panduan melalui sudut minat Memberikan pertanyaan panduan atau tantangan melalui sudut minat untuk mendorong peserta didik mengeksplorasi materi pembelajaran.
Memberikan durasi waktu Memberikan durasi waktu untuk menyelesaikan tugas terutama untuk peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar.
Kegiatan pembelajaran yang variative Mengembangkan kegiatan belajar mengajar yang bervariasi dengan menggunakan gaya belajar visual, auditori, kinestetik.
Pengelompokkan yang fleksibel
Menggunakan pembelajaran secara berkelompok yang fleksibel sesuai dengan kesiapan, kemampuan, serta minat peserta didik.
Terima Kasih