T3 Ekma4478 [PDF]

  • 0 0 0
  • Suka dengan makalah ini dan mengunduhnya? Anda bisa menerbitkan file PDF Anda sendiri secara online secara gratis dalam beberapa menit saja! Sign Up
File loading please wait...
Citation preview

Lampiran III SuratWakilRektorBidangAkademik Nomor : 33953 /UN31.WR.1/PK.02.03/2020 Tanggal : 2 September 2020



SOAL DAN PEDOMAN PENSKORAN TUGAS TUTORIAL/TUGAS MATA KULIAH UNIVERSITAS TERBUKA Program Studi Kode/NamaMata Kuliah Jumlah sks Nama Penulis Nama Penelaah Tahun Pengembangan Status Pengembangan



: : : : : : :



Manajemen EKMA4478/Analisis Kasus Bisnis 3 Mohamad Nasoha Rahmaddian 2021 Baru/Revisi*



Institusi : UT Institusi : UT



Tangerang Selatan, 17 Februari 2021 Menyetujui, Ketua Program Studi …….,



TelahdivalidasiPengampu Mata Kuliah, Pengampu Mata Kuliah,



Tanda tangan dannama



Tanda tangan dannama



………………………………………. NIP Tuliskan NIP Ketua Program Studi *) coret yang tidak sesuai



……………………………………………. NIP tuliskan NIP Pengampu Mata Kuliah



LEMBAR SOAL TUGAS TUTORIALATAU TUGAS MATA KULIAH III Fakultas Program Studi Kode/Nama MK Penulis Soal/Institusi Penelaah soal//institusi Tahun Penulisan Butir Soal No. Skor Maks.



: Ekonomi : Manajemen : EKMA4478 /Analisis Kasus Bisnis : Mohamad Nasoha /UT : Rahmaddian /UT : 2021 :3 : 75



Sumber Soal Kode MK & Nomor KB Nomor Modul



EKMA4478,



KB. 1



Modul 7



Capaian Pembelajaran : Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan berbagai aspek tentang segmentasi pasar, penentuan pasar sasaran dan positioning Indikator : Mampu menjelaskan segmentasi pasar Banyak merek kendaraan bermotor roda empat (mobil) yang masuk ke Indonesia seperti Honda, Suzuki, Toyota, Mitsubishi, Renault dan sebagainya. Hal ini membuat pangsa pasar otomatif khususnya mobil semakin kompetitif, hal ini terjadi karena banyaknya calon konsumen yang ingin membeli mobil dengan segmen yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan mereka. Sebagai contoh merek Mini Cooper, merek ini hanya satu namun memberikan kenyamanan berkendara yang sangat baik bagi pelanggannya. Perusahaan otomotif Mini Cooper sangat memahami apa yang dibutuhkan pelanggannya dalam berkendara dibandingkan merek-merek lain, sehingga pelanggan bersedia membelinya dengan harga yang sangat tinggi. 1. Hal di atas memberikan segmentasi tertentu yaitu segmentasi secara spesifik pada jenis? Jelaskan! 2. Dari informasi di atas, apakah perusahaan perlu melakukan segmentasi pasar? Jelaskan!



*) Coret yang tidakperlu



JAWABAN 1. Segmentasi pasar dapat dijalankan pada empat tingkatan, pada informasi di atas segmentasi secara spesifik pada jenis dan termasuk pada tingkatan ceruk, ceruk pasar merupakan bagian kecil dari suatu segmen pasar yang kebutuhannya tidak dilayani secara baik oleh pemasar sebab mereka menginginkan manfaat yang sangat spesifik. Berbeda dengan segmen pasar yang biasanya jumlahnya cukup besar, ceruk pasar ini cukup kecil. Sebagai gambaran, di antara segmen pembeli kendaraan terdapat subsegmen (ceruk) yang menginginkan jenis mobil yang sangat spesifik, bahkan pembelinya bisa memesa sesuai dengan keinginannya. Misalnya mobil merek Ferrari ataupun Rolls Royce. Begitu spesifiknya kedua merek mobil tersebut sehingga tidak menarik minat perusahaanperusahaan otomotif besar seperti Toyota ataupun General Motors untuk memasuki pasar tersebut. Pemain ceruk



pasar seperti Ferrari dan Rolls Royce sangat memahami kebutuhan para pelanggannya dengan sangat baik sehingga mereka bersedia membayar produk tersebut dengan harga tinggi. Pembeli Ferrari bersedia membayar dengan harga tinggi karena pembeli mobil tersebut setia dan merasakan manfaat produk/layanan yang tidak terdapat pada mobil lain. 2. Ya perusahaan perlu melakukan segementasi pasar karena dalam banyak kasus praktik bisnis, perusahaan yang memutuskan beroperasi dalam pasar yang luas (banyak segmen) akhirnya menyadari bahwa mereka tidak mampu melayani seluruh segmen dalam pasar tersebut. Hal ini terjadi karena jumlah pasar yang dilayani maupun karakteristik pasar tersebut terlalu banyak sehingga mereka menuntut produk yang sangat beragam. Akhirnya para pengusaha menyadari bahwa daripada bersaing di semua segmen, maka lebih baik perusahaan memilih segmen pasar yang dapat dilayani secara efektif dan tentunya paling menguntungkan. Untuk memilih pasar sasaran dan melayani mereka dengan baik, banyak perusahaan menerapkan pemasaran segmentasi. Dalam pemasaran segmentasi, perusahaan memilahmilah segmen pasar yang luas tersebut, kemudian membidik satu atau beberapa segmen saja, dan selanjutnya mengembangkan produk serta program pemasaran yang dirancang khusus untuk masing-masing segmen yang dipilih. Dengan adanya segmentasi ini, penetapan pasar sasaran (target market) akan lebih terarah. Berdasarkan uraian di atas maka segmentasi pasar didefinisikan sebagai kegiatan memilah-milah pasar yang heterogen ke dalam kelompok-kelompok pasar yang homogen (Kotler, 2003).