T7-Aksi Nyata [PDF]

  • 0 0 0
  • Suka dengan makalah ini dan mengunduhnya? Anda bisa menerbitkan file PDF Anda sendiri secara online secara gratis dalam beberapa menit saja! Sign Up
File loading please wait...
Citation preview

1. Menurut Anda mungkinkah kurikulum UbD diterapkan di Indonesia? Mengapa? Menurut pendapat saya, UbD bisa diterapkan di Indonesia karena melalui pendekatan ini, siswa dapat belajar dengan lebih efektif dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Pendekatan ini juga membantu guru dalam perencanaan pembelajaran yang lebih terstruktur dan terukur, serta meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan. Meskipun ada beberapa tantangan dalam implementasinya, namun potensi keuntungan yang didapat cukup besar dan dapat mendukung tujuan pendidikan nasional.



2. Jika menjadi seorang guru apakah Anda akan menerapkan kurikulum UbD di lembaga tempat anda mengajar? Sebagai seorang guru, jika kondisi dan kebutuhan sekolah serta karakteristik siswa dan guru memungkinkan, saya akan mencoba untuk menerapkan kurikulum UbD di sekolah tempat saya mengajar. Saya percaya bahwa pendekatan ini dapat membantu siswa memperoleh pemahaman yang lebih dalam dan terintegrasi, serta membantu guru merencanakan pembelajaran yang lebih terstruktur dan fokus pada hasil belajar yang diinginkan. Namun, saya juga akan mempertimbangkan tantangan dan hambatan yang mungkin muncul selama proses implementasi. Saya akan mencoba untuk mengatasi masalah tersebut dan memastikan agar pendekatan ini dapat diterapkan dengan sukses untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut.



3. Jika Anda akan menerapkan kurikulum UbD namun lingkungan sekolah tidak mendukung, apakah yang Anda lakukan? Jika lingkungan sekolah tidak mendukung untuk menerapkan kurikulum UbD, saya akan mencari cara untuk mengatasi hambatan tersebut. Pertama-tama, saya akan berbicara dengan para pemangku kepentingan di sekolah, seperti kepala sekolah dan rekan-rekan guru, untuk memperjelas manfaat dari kurikulum UbD dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Saya juga akan mencoba untuk memberikan pelatihan dan pendampingan bagi rekan-rekan guru agar mereka dapat memahami dan menerapkan pendekatan ini. Selain itu, saya akan mencari dukungan dari sumber lain, seperti organisasi profesional guru atau perpustakaan yang mungkin memiliki sumber daya atau bahan pelajaran yang dapat mendukung implementasi kurikulum UbD. Jika memungkinkan, saya juga akan berkolaborasi dengan rekan-rekan guru sesama lulus PPG Prajabaran yang sudah mengajar sekolah lain yang telah menerapkan kurikulum UbD untuk mendapatkan wawasan dan saran. Namun, jika upaya saya untuk memperkenalkan kurikulum UbD tidak berhasil atau tidak memungkinkan, saya akan mencoba untuk menyesuaikan rencana pembelajaran saya agar sesuai dengan lingkungan dan sumber daya yang tersedia di sekolah. Yang terpenting adalah tetap memfokuskan upaya saya pada mencapai hasil belajar yang diinginkan untuk siswa dengan cara yang terbaik dan efektif.



4. Jelaskan seberapa jauh Anda bisa menerapkan kurikulum UbD dengan sistem kurikulum nasional K13? Menerapkan UbD dengan sistem kurikulum nasional Kurikulum 2013 mungkin tidak bisa dilakukan secara penuh karena struktur dan kerangka kerja kurikulum 2013 yang kaku. Kurikulum 2013 memiliki kecenderungan untuk menekankan pencapaian kompetensi yang spesifik dan terukur, yang terkadang membatasi fleksibilitas dan kreativitas guru dalam mengembangkan pembelajaran untuk siswa. Namun, sejalan dengan semangat kurikulum 2013 untuk mengembangkan kemampuan siswa secara holistik dan melampaui aspek akademik, pendekatan UbD masih bisa diadopsi dengan penyesuaian yang tepat. Guru dapat menggunakan pendekatan UbD sebagai landasan dalam perencanaan pembelajaran dan memodifikasi konten, strategi pengajaran, dan penilaian agar sesuai dengan kurikulum 2013. Hal ini dapat membantu meningkatkan keterampilan guru dalam perencanaan dan pengembangan pembelajaran yang lebih terstruktur dan terintegrasi, sambil tetap memperhatikan aspek kompetensi yang ingin dicapai.



5. Klarifikasi keilmuan menjadi sangat penting untuk membuktikan bahwa Anda benarbenar melakukan aktifitas MERDEKA, oleh karena itu jelaskan lebih rinci pertanyaanpertanyaan berikut. 1.      Apakah ada perbedaan antara apa yang dijelaskan oleh kelompok anda, kelompok lain, literatur dan anda sendiri Perbedaan antara kelompok kami dan kelompok lain dalam pembahasan Problematika Dan Evaluasi Implementasi UbD adalah terkait dengan topik yang harus dikaji untuk memaksimalkan implementasi UbD secara nasional. Namun, kami tetap berkaitan dengan pembahasan mengenal UbD itu sendiri. Selain itu, setiap kelompok dan individu memiliki perspektif dan sudut pandang yang berbeda dalam menerapkan UbD, tergantung pada pengalaman, pengetahuan, dan pemahaman masing-masing. Literatur juga dapat memberikan perspektif yang berbeda mengenai masalah dan evaluasi implementasi UbD, tergantung pada penulis dan pendekatan yang digunakan. Oleh karena itu, diperlukan diskusi dan penelitian yang komprehensif untuk memahami masalah dan evaluasi implementasi UbD dengan baik.



2.   Jelaskan mengapa ada kesamaan atau perbedaan diantara penjelasan tersebut Sebenarnya penjelasan yang diberikan oleh teman-teman memiliki keterkaitan dan makna yang sama. Hal ini karena pemahaman teman-teman dari berbagai sisi tetap mengarah pada tujuan Utama dari UbD. Namun, terdapat perbedaan dalam pemahaman awal setiap kelompok karena sumber referensi yang berbeda-beda. Meskipun begitu, kesamaan dalam hasil akhir tetap terlihat karena tujuan yang sama dari implementasi UbD. Sedangkan perbedaan bisa terlihat dalam sudut pandang dan perspektif yang digunakan oleh masing-masing kelompok dan individu, serta literatur yang digunakan dalam penelitian.



6. Khalayak pastilah menunggu informasi dari Anda, karena sebagai seorang profesional sangat memungkinkan mengkonstruksi keilmuan dan memutuskan tingkat kebutuhan keilmuan oleh masyarakat umum dan pengguna. Oleh karena itu jelaskan pertanyaan-pertanyaan berikut. 1. Tingkat kebutuhan topik ini oleh masyarakat a.       Sangat dibutuhkan



b.      Dibutuhkan c.       Cukup dibutuhkan d.      Tidak dibutuhkan e.       Sangat tidak dibutuhkan Jelaskan tingkat pernyataan saudara tersebut dalam bentuk deskripsi Pilihan saya yaitu "dibutuhkan", karena saya percaya bahwa pemahaman dan evaluasi terhadap implementasi UbD adalah penting untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan memahami masalah-masalah yang terkait dengan implementasi UbD dan mengevaluasi penggunaannya di berbagai jenjang pendidikan, kita dapat mengidentifikasi tantangan dan peluang untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan kemampuan guru. Selain itu, dengan semakin banyak orang yang memahami dan menggunakan pendekatan UbD dalam pembelajaran, maka akan semakin mudah untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan lebih sesuai dengan kebutuhan siswa.



2.      Dengan media apa Anda akan mendiseminasikan kepada masyarakat? (Pilih yang paling anda prioritaskan.) a.       Media sosial (Youtube, Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, dll) b.      Media massa (majalah, koran, buletin, dll) c.       Media ilmiah (jurnal, buku, makalah, artikel, prosiding, dll) d.      Media konferensi (seminar, fgd, diskusi terbatas, kelompok kerja guru, dll). Jelaskan pilihan Anda mengapa menjadi prioritas. Menurut saya, media sosial menjadi pilihan yang paling saya prioritaskan untuk mendiseminasikan informasi tentang Problematika Dan Evaluasi Implementasi UbD kepada masyarakat. Hal ini karena penggunaan media sosial saat ini sangat meluas dan lebih mudah diakses oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Selain itu, media sosial juga memungkinkan kita untuk menciptakan konten yang menarik dan interaktif yang dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan lebih memudahkan untuk sharing atau berbagi dengan orang lain. Oleh karena itu, saya yakin media sosial menjadi pilihan yang efektif untuk menyebarkan informasi tentang UbD kepada masyarakat secara lebih luas dan efisien.