BBS - Covert Selling [PDF]

  • 0 0 0
  • Suka dengan makalah ini dan mengunduhnya? Anda bisa menerbitkan file PDF Anda sendiri secara online secara gratis dalam beberapa menit saja! Sign Up
File loading please wait...
Citation preview

JAGO POSTING Reza Kamal



OH YEESSS!!! Anda join Nu Skin. Excited..Bersemangat karena mau bisnis. Lalu Anda jualan di FB, sedikit yang lihat, like dan komen. Sudah coba posting sana sini, eh belum closing banyak. Dari situ Anda sedih, frustrasi, tertekan. Merasa kalau Nu Skin bukan untuk Anda. Lalu quit.. berhenti.. Ada yang merasa seperti ini?



PAHAMI BAHWA Orang suka belanja, tapi ga suka dijuali Anda terus menjual di FB, tapi orang ga suka dijuali Ya ga ketemu..



a g u j i a , Maap n a u c h u but



INGAT



f i t k a e t En n a m e t n bangu



Social Media bukan Selling Media MAS SUKARBEUT “Bossnya FesBuk, IGeh, WeAh”



SEDERHANA KOK Sharing-sharing dulu Selling-selling kemudian Closing-closing belakangan



SHARING Selling



INTERAKSI



EKSIS



Transaksi



Laris



KONTEN



ITU RAJA



COPYWRITING Segala bentuk tulisan di media apapun yang bertujuan untuk mempromosikan produk Anda.



1. Jika orang belum teredukasi tentang apa sebenarnya yang Anda jual, belum ada pendekatan, dan belum ada penjelasan, maka orang akan menolak untuk membeli produk Anda. 2. Jika orang belum tahu fitur dan detail benefitnya, apa manfaatnya buat mereka, dan bagaimana fungsinya, maka orang cenderung akan menebak-nebak harganya. 3. Semakin detail informasinya, semakin besar value yang ditangkap oleh pembaca. Ketika value membesar, harganya akan naik, keberatannya turun, dan akhirnya terjadilah penjualan (closing).



Tidak ada harga yang mahal, yang ada hanya market yang belum teredukasi dengan benefit yang diberikan. COPYWRITING bisa membantu EDUKASI.



ANATOMY Copywriting



P.A.S.O



Hypnotic Writing



Covert Selling



Problem (Masalah)



P.A.S.O



Agitate (Perdalam) Solution (Solusi) Outcome (Hasil)



Problem (Masalah) Hari gini, kebanyakan di rumah, jadi punya banyak waktu luang. Sayang banget kalau hanya terbuang percuma. Yang ada malah jadi males karena ga ngapa-ngapain. Lebih sibuk browsing dan main Facebook atau Instagram, liat-liat baju-baju dan tas lucu.



Agitate (Perdalam) Sebenarnya sempat kepikiran mau usaha online, tapi kok ga mulai-mulai ya. Padahal kondisi sekarang lagi butuh bayar ini itu, mana anak mau masuk sekolah. Kalau ga ngapa-ngapain dari sekarang, rasanya akan sia-sia waktu yang seharusnya bisa produktif.



Solution (Solusi) Kurang lebih di atas adalah curahan hati banyak orang. Mau bisnis tapi bingung bisnis apa dan harus mulai dari mana. Tenang aja.. sekarang sudah ada caranya kamu bisa mulai bisnis dengan cepat, simpel dan diajarin caranya sampai bisa.



Outcome (Hasil) Banyak kok orang-orang yang tadinya ga tau bisnis, eh sekarang dagangannya bisa laris manis. Yang tadinya rebahan, baperan, sekarang nunggu trasnferan. Udah kalau mau bisnis, buruan kita ngobrol ya.. langsung aja message



HYPNOTIC WRITING



3 kata kunci 1. Diterima 2. Pembacanya sadar 3. Mengikuti arahan



Agar Calon Pembeli Menganggap



Produk Anda Berkualitas Tinggi Salah satu yang membuat orang lain mau membeli sebuah produk adalah karena kualitasnya. Kalau produknya berkualitas, maka orang-orang semakin tertarik. Kalau produknya tidak berkualitas, maka orang-orang kurang tertarik. Karena itu, untuk membuat target pasar tertarik dengan apa yang Anda tawarkan, maka yang perlu Anda lakukan adalah membuat mereka mengerti kualitas dari produk Anda.



CONTOH HYPNOTIC WRITING LumiSpa ini adalah cara ternyaman cuci muka sekaligus bikin awet muda Ini adalah suplemen terlengkap dengan lebih daru 40 kandungan anti oksidan. Cara paling mudah untuk memulai bisnis adalah belajar langsung dari orang yang sudah berhasil, contek ilmunya, dan praktikkan. Sekarang ini cara paling aman untuk perawatan ya di rumah sendiri bersama keluarga dan tentunya hemat serta ga macet-macetan. Kalau air keran bisa disulap jadi air minum yang sehat dan menyegarkan, maka ini tentu cara terbaik untuk keluarga di rumah.



Agar Calon Pembeli Setuju



dengan yang Anda Sampaikan Dalam iklan, gunakan kata “semua, siapapun, setiap” Contohnya : ▪ Setiap pebisnis wajib belajar ilmu nulis iklan agar semakin mudah dapat pembeli. ▪ Semua konsumen kami sudah merasakan manfaat dari suplemen ini. ▪ Siapapun yang jualan di Facebook, maka perlu baca buku ini.



Agar Calon Pembeli Merasa



Membutuhkan Produk Anda Caranya : Gunakan pola ✓ A itu artinya B ✓ A berarti B ✓ A itu sama dengan B A adalah arahan untuk target pasar B adalah keinginan target pasar



CONTOH HYPNOTIC WRITING



A=B



Jika menggunakan Galvanic Spa ini, itu artinya Anda bisa hemat pengeluaran bulanan sampai 60%. Jika biasanya bayar perawatan 1 juta/ bulan, maka dengan alat ini Anda hemat 600ribu. Dan itu setiap bulan lho. Orang tua yang memberikan Jungamals & Marine Omega kepada anaknya berarti mereka ingin anaknya tumbuh dengan kecukupan vitamin dan mineral. Ikut Fast Start Training itu sama dengan jalan pintas belajar bisnis dengan mudah dan cepat agar kita mendapatkan banyak keuntungan. Karena di dalam training online tersebut ada bimbingannya, ada mindsetnya, ada skillnya, dan mentor yang siap berikan ilmunya secara gratis.



Agar Calon Pembeli Mau



Melakukan Sesuatu yang Anda Inginkan Dalam iklan gunakan kata “boleh, bisa, mungkin” Contohnya : • Karena EXPOnya sudah dimulai, sekarang Anda boleh klik link ini untuk mendapatkan katalog produk promo dan harga terbaik dari Nu Skin.



• Kalau itu adalah masalahnya, mungkin Vitamin Booster adalah jawaban yang Anda cari selama ini



• Agar kebagian promonya, bisa langsung hubungi WA ini ya 08XX- XXXXXXXX



Agar Calon Pembeli



Mengikuti Arahan Anda Pakai rumus “Jika A, maka B” A adalah kondisi yang dialami target pasar, B adalah arahan dari Anda



Contohnya :



• Jika punya masalah jerawat yang gak selesai-selesai, maka acne cream ini adalah solusinya



• Jika ada yang mencari rahasia untuk membesarkan bisnis online, maka tools ini adalah jawabannya



• Kalau anak ga doyan sayur dan buah, maka jus G3 ini cocok untuk ukhti



COVERT SELLING



Teknik jualan terselubung yang menargetkan agar orang yang mendengar atau membacanya menjadi tertarik untuk membeli tanpa terasa dijuali.



COVERT SELLING



4 PRINSIP > Tidak mendorong untuk membeli > Jangan infokan harga > Buatlah penasaran > Tidak ada kalimat perintah (C.T.A)



CONTOH DIRECT SELLING “Bunda, ada hijab model terbaru nih. Bahannya bagus, danlembut banget dipakainya. Ada banyak varian warna yang bisa dipilih. Bagi yang berminat yuk Whatsapp ke 08xxxxxxxxxxx ya!” “Dijual berbagai buku-buku pendidikan anak. Membantu perkembangan otak anak dan mengajarkan anak untuk berakhlak mulia. Cocok untuk usia 7-10 tahun. Buat yang mau beli langsung hubungi kami via DM atau komen dibawah ya.”



“Teh Pelangsing hanya 199.000 , minat hubungi ke 08xxxxxxx!”



FORMULA COVERT SELLING CURIOSITY – Rasa Penasaran Membuat kalimat yang bikin orang jadi penasaran dan mencari tahu maksud kata “Curiosity” itu kepada penulis, baik dengan cara komentar langsung di Facebook, atau bisa via chat.



AMBIGUITY – Bermakna Ganda Menggunakan kata-kata yang bermakna GANDA, seperti kata banyak, luar biasa, keren, laris. Kenapa bermakna ganda? Misal kata laris, apa yang menjadi patokan sebuah produk itu laris? Dibeli lebih dari 50 orang kah, atau sudah terjual 1000 pcs kah, tidak ada keterangan soal itu.



EMOTIONALLY – Bersifat Emosional Kalau yang ini lebih ke story telling, membuat cerita yang menggugah emosional pembacanya Dan biasanya membuat si pembaca justru fokus pada ceritanya, dan “iklan” yang disisipkan masuk ke alam bawah sadar si pembaca nya tanpa disadari oleh pikiran sadarnya.



CONTOH IKLAN/BAHASA/KALIMAT COVERT 1. Jika seandainya Anda…



10.Saya tidak ingin mengatakan kepada Anda bahwa..



2. Kalau misalkan Anda….



11.Saya tidak perlu mempengaruhi Anda untuk….



3. Sudah pernahkah Anda…



12.Tadinya Saya ingin menunjukkan bahwa….



4. Seperti apa jadinya jika Anda…. 5. Seperti apa rasanya ketika Anda…



13.Saya tidak tahu apakah Anda pernah membayangkan….



6. Pernahkah Anda benar-benar….



14.Saya tidak ingin Anda berpikir tentang….



7. Anda mungkin menemui diri Anda…. 15.Saya tadinya ingin cerita bahwa… 8. Anda tidak perlu untuk…



16.Saya seharusnya tadi cerita bahwa….



9. Anda benar-benar tidak harus…



17.Saya tidak ingin Anda terlalu memikirkan….



CONTOH COVERT SELLING “Anda tidak perlu bersusah payah menahan lapar untuk mendapatkan tubuh langsing ideal karena setelah mendengar cerita teman saya setelah ikut program itu, dia merasa happy karena sekarang makan lebih nikmat, tubuh fresh, dan terbukti berat badannya kembali ke usia 25 tahun. Bajubaju lama muat lagi, dan kata suami dia makin cantik. Pastinya senang banget kalau banyak ibu-ibu yang makin sehat dan cantik juga. *kamu jadi penasaran ikutan programnya enggak?



CONTOH COVERT SELLING “Baru bangun pagi-pagi, cek HP ada notifikasi di chat untuk ngirim roll on ke Bandung sebanyak 30 biji. Dikiranya saya lagi mimpi. Ternyata setelah mandi dan nyawa kekumpul ternyata pesanannya beneran. Iseng-iseng tanya ke customer buat apa roll on sebanyak ini. Ternyata buat acara syukuran di rumah barunya. Alhamdulillah banget. Padahal saya cuma bilang kalau roll on ini bebas alkohol dan bisa menghilangkan bau badan tak sedap di story WA. Rejeki emang gak kemana.” *kamu jadi penasaran mau nanya roll onnya enggak?



CONTOH COVERT SELLING “Masya ALLAH, pesanan via gojek gak berhenti sejak tadi pagi. Kami di rumah sampai kewalahan. Ternyata memulai bisnis anti aging dari rumah bisa ya sis.. Kami sudah membuktikan kalau produk ini memang berkualitas dan sesuai denagn kantong pelanggan, rejeki terus membanjiri.. Terima kasih semua!” *kamu jadi penasaran ikutan mesen enggak?



CONTOH COVERT SELLING “Yesss! Customer A sudah selesai kami bungkus.. masih 12 lagi sampai jam 13 siang ini. Banyak banget yang minat pelembab semprotan untuk wajah ini.. Selain murah, bisa bikin membantu wajah tetap terjaga kelembapannya. Instagram @wajahkinclong juga dapat like lebih dari 500 orang dalam 3 hari ini… hajar teruusss deh!!” *kamu jadi pengen tau semprotan apaan sih itu?



CONTOH COVERT SELLING “Kaget! Pagi-pagi dapat pesanan 4 paket perawatan rumahan. Ternyata si doi sering mantau IG kami @wajahkinclong selama ini. Mereka suka dengan teknologi, fitur, dan hematnya. Katanya ini gadget yang Selebriti juga pake.. Duuuh! Kok saya gemeteran yaaa!” *kamu jadi penasaran buka Instagramnya enggak?



CONTOH COVERT SELLING “Melihat tim kami banjir haru di ruang itu saya ikut menangis bahagia! Event yang kami ikuti tiap 6 bulan ini sukses besar! Kami begitu puas belajar, dan berjanji akan mengajak lebih banyak mitra lagi di beberapa kota untuk ikutan. Inilah komitmen pada pertumbuhan pribadi, sebagai pemimpin bisnis kami akan pegang teguh komitmen itu. Sudah belasan tahun One Team Global eksis di kelas-kelas terbaik kami… ratusan keluarga terubahkan.. Alhamdulillah!” *kamu jadi penasaran searching di google OTG enggak?



CONTOH COVERT SELLING “Kemarin dapat kiriman testimoni dari teman di Jakarta yang pakai produk Jerawat kami. Jujur saya pangling, soalnya wajahnya jauh lebih mulus sekarang. Dia happy, saya juga happy. Gimana nggak? Dia korban racikan bertahun-tahun dan harus membayar harga dengan wajah yang penuh jerawat. Lihat nih foto-foto wajahnya.. Kalau ada yang mau nanya gimana caranya bisa beresin jerawat, kayaknya saya mau deh bagi rahasianya. Kebetulan saya baru dapat ilmu perawatan kulit yang simpel dan pastinya aman” *tertarik melihat foto wajah dan solusinya?



SETELAH POSTING Ada hal-hal yang lebih utama dan harus dilakukan agar berhasil INTERAKSI Investasi waktu ke teman sosmed, bangun kepercayaan, rasa suka, dan emosional.



KONSISTENSI Tidak ada surat kabar yang terbit bolongbolong. Begitupun dengan sosial media Anda.



KONVERSI Ngobrol, gali kebutuhan, jadi temannya, dan sarankan apa yang terbaik.



Banyak orang ga ngerti bahwa bermedia sosial ada proses dialog, dan bukan monolog. Media sosial itu seharusnya lebih menyerupai telepon, bukan televisi. Sosial media mungkin suatu saat akan berhenti, tapi merek dan reputasi Anda akan terus ada.