T1-3d Refleksi Ruang Kolaborasi - PSE - Nawangsih - R001 Bahasa - A2P122061 [PDF]

  • 0 0 0
  • Suka dengan makalah ini dan mengunduhnya? Anda bisa menerbitkan file PDF Anda sendiri secara online secara gratis dalam beberapa menit saja! Sign Up
File loading please wait...
Citation preview

Nama



: Nawangsih



Kelas



: R001 Bahasa



NIM



: A2P122061



Mata Kuliah : Pembelajaran Sosial Emosional Topik



: 1 (satu) T1-3d Refleksi Ruang Kolaborasi



1. Apakah hal menarik yang telah Anda pelajari? Jawab: Hal menarik yang telah saya pelajari dari topik ini adalah mengenai pengenalan konsep pembelajaran sosial emosional (PSE). PSE didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang menekankan pada kemampuan bersosialisasi dan mengelola emosi. Kemampuan sosialemosional sendiri dibutuhkan dalam kehidupan seperti pada lingkup sekolah, pekerjaan, dan lainnya. Melalui PSE seorang siswa dapat terarah untuk mengelola emosi serta sikapnya selama berada di lingkungan sosial, selain itu siswa juga akan lebih menunjukkan rasa empati dan pedulinya terhadap orang lain, mampu menyelesaikan permasalahan secara lebih efektif, membuat keputusan bertanggung jawab, dan mempertahankan hubungan baik dengan sekitarnya. Selanjutnya, fungsi atau tujuan dari PSE adalah untuk memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan dalam mengelola emosi. Yang kemudian, siswa diharapkan dapat terlatih kompetensi sosial emosionalnya sehingga mereka pun dapat mencapai keseimbangan antara kompetensi akademik dan sosial emosionalnya sebagai individu. Ada 5 kompetensi sosial emosional; 1) self-awareness, self-management, responsible decision making, socialawareness, dan relationship skills. Melalui pengetahuan baru ini, saya menyadari bahwasanya memahami dan menerapkan PSE sangatlah penting bagi guru karena pada dasarnya penerapan PSE ini sangan relevan dan signifikan dalam konteks pendidikan di Indonesia yaitu agar peserta didik mampu mencapai kebahagiaan dan keberhasilan dalam hidup dengan adanya pula keseimbangan antara kompetensi akademik dan sosial emosinal. Selain itu dari konsep PSE ini pula memberikan kesempatan kepada guru untuk dapat mengelola emosinya ketika mengajar atau dalam proses mendidik siswa serta dapat pula mengenal lebih dekat siswanya.



2. Apakah ada hal baru yang dapat Anda terapkan dalam kegiatan mengajar nantinya? Jawab: Adapun hal baru yang ingin saya terapkan dalam kegiatan mengajar nantinya terkait pembelajaran sosial emosional adalah sebagai berikut: 



Memperkenalkan konsep pembelajaran sosial emosional kepada siswa terutama terkait 5 kompetensi sosial emosional yang diantaranya adalah self-awareness, selfmanagement, responsible decision making, social-awareness, dan relationship skills.







Membangun kemampuan sosial emosional melalui kegiatan pembelajaran, contohnya adalah merancang pembelajaran yang kegiatannya melibatkan kerja sama antar siswa dalam suatu kelompok atau berpasangan seperti kegiatan pembelajaran diskusi kelompok membahas suatu kasus dalam forum besar atau kecil, role play, proyek keterampilan karya seni dan lainnya.







Mengintegrasikan konsep pembelajaran sosial emosional dengan kehidupan nyata dan menjadikannya sebagai budaya dalam lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah, contohnya adalah memberikan nasihat positif agar siswa dapat mengelola emosi, menyelesaikan masalah dengan kepala dingin, menghargai pendapat orang lain. Kemudian, mengajarkan bagaimana cara untuk memanajemen emosi sekaligus strategi dalam mengatasi masalah.







Melakukan pendekatan kepada siswa agar dapat memahami kekuatan dan kelemahan mereka dan memberi mereka kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.



3. Apakah tantangan yang akan Anda hadapi dalam proses pembelajaran materi ini? Mengapa? Jawab: Beberapa tantangan yang saya perkirakan akan saya hadapi dalam proses pembelajaran materi ini adalah sebagai berikut: 



Ketika belajar di kelas dan dosen bertanya tentang kelemahan dan kekuatan diri, saya kemungkinan akan membutuhkan waktu untuk mengidentifikasi diri karena terkadang saya kesulitan untuk memahami dan mengenali sisi emosional diri sendiri







Mengimplementasikan rencana untuk memperkenalkan konsep pembelajaran sosial emosional kepada siswa karena saya merasa bahwa saya masih harus banyak menimba pengetahuan dan pemahaman terkait konsep ini. Oleh karena itu, akan



menjadi sebuah tantangan bagi saya agar fokus dan konsisten menjalankan rencana ini. 4. Sebutkan tiga hal menarik yang telah Anda pelajari! Kemukakan dengan alasan atau contoh berupa gambar/foto untuk memperjelas jawaban Anda. Jawab: Selama mempelajari konsep PSE sejauh ini, tiga hal menarik yang telah saya pelajari dan lakukan adalah: 



Mengisi lembar checklist tentang refleksi dukungan pembelajaran sosial emosional yang pernah saya lakukan terhadap siswa. Lembar checklist ini memuat 5 kompetensi sosial emosional yang disederhanakan menjadi pernyataan-pernyataan singkat. Berikut adalah contoh pernyataan pada lembar checklist.







Mempelajari dan membahas konsep pembelajaran sosial emosional dikelas bersama dosen. Kegiatan ini menjadi salah satu hal yang menarik untuk saya, karena melalui kegiatan ini saya mendapatkan gambaran tentang pembelajaran sosial emosional dari berbagai perspektif beserta contoh nyata dari bentuk sosial emosional pengalaman masing-masing mahasiswa.







Bekerjasama dengan kelompok menjawab tugas pada materi ini yang berhubungan dengan tabel ruang lingkup CASEL yang mana instruksinya adalah membuat teknik penerapan pembelajaran sosial emosional di jenjang pendidikan yang kami ampu. Walaupun sebenarnya bekerja sama dengan kelompok bukanlah hal yang baru untuk saya, namun tugas yang perlu kami jawab ini sangat menarik untuk saya, dimana kami diminta untuk mengisi suatu tabel yang harus diisi informasi terkait teknik



penerapan PSE, perlakuan guru, perkataan guru dan tujuan dari teknik tersebut berdasarkan ruang lingkup rutin, terintegrasi dalam mata pelajaran dan protokol dalam CASEL serta diharuskan pula untuk menyesuaikan konteksnya dengan jenjang pendidikan yang kami ampu. 5. Sebutkan dua hal penting yang Anda pelajari! Kemukakan dengan alasan atau contoh berupa gambar/foto untuk memperjelas jawaban Anda. Jawab: Selain tiga hal menarik yang telah saya jabarkan diatas, ada dua hal penting yang saya pelajari dari materi ini, diantaranya adalah: 



Pentingnya untuk memiliki kemampuan sosial emosional yang baik. Seperti yang telah saya jabarkan pada jawaban pertanyaan nomor 1, kemampuan sosial emosional dibutuhkan dalam kehidupan baik dari ruang lingkup sekolah, pekerjaan, hingga segala hal yang berhubungan dengan lingkup sosial. Pada dasarnya, setiap individu sepatutnya memiliki kemampuan sosial emosional ini agar dapat mengelola emosi dengan baik, menjaga hubungan baik dengan individu lainnya, menyelesaikan permasalahan lebih efektif dan mengambil keputusan bertanggung jawab atas diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, ketika pertama kali diperkenalkan dengan konsep PSE, saya merasa ini adalah kesempatan yang berharga dan pengetahuan penting yang harus saya pelajari lebih lanjut yang tentunya berguna bagi peningkatan profesionalitas saya sebagai guru.







Pentingnya untuk merancang teknik penerapan pembelajaran sosial emosional di dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan, melalui rancangan teknik ini memungkinkan saya untuk memiliki gambaran apa yang sepatutnya dilakukan ketika berhadapan dengan keterampilan sosial dan emosional. Selain itu, melalui perancangan teknik ini pula dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Dimana dengan adanya lingkungan belajar yang aman dan nyaman, akan mendukung pembelajaran sosial emosional yang berkualitas dan efektif. Contohnya adalah siswa merasa nyaman dan aman dalam berbagi pikiran, perasaan dan pengalaman mereka ketika proses pembelajaran dan dapat pula saling bersosialisasi dengan guru maupun teman sejawat.



6. Sebutkan satu hal yang Anda ingin coba dan terapkan dalam kelas! Jelaskan alasan Anda!



Jawab: Dalam mengajarkan PSE kepada siswa, ada 3 ruang lingkup yang menjadi wadah penerapannya yaitu Rutin, Terintegrasi dalam mata pelajaran, dan Protokol. Penerapan PSE dalam ruang lingkup rutin biasanya dilakukan untuk hal-hal di luar akademik seperti pembuatan jurnal harian, dimana siswa diminta untuk membuat jurnal harian yang bermanfaat untuk mengelola emosi dan fokus mereka, menuliskan kegiatan apa saja yang telah mereka lakukan dan mengevaluasi hal-hal yang bisa diperbaiki berdasarkan jurnal harian tersebut. Kemudian, penerapan PSE dalam ruang lingkup terintegrasi dalam mata pelajaran adalah berupa refleksi setelah mengikuti pembelajaran, yang mana siswa diminta untuk mengidentifikasi dan mengungkapkan perasaannya melalui lembar refleksi yang dibagikan setelah pembelajaran. Hal ini bertujuan agar menumbuhkan kompetensi selfawareness pada siswa dan siswa pun mampu mengidentifikasi diri, emosi, dan perasaan yang mereka rasakan. Terakhir, penerapan PSE dalam ruang lingkup protokol adalah membudayakan musyawarah untuk mengambil keputusan yang bertanggung jawab seperti mengajak siswa untuk musyawarah menentukan perangkat kelas. dalam ruang lingkup protokol ini hal yang sepatutnya dilakukan oleh guru adalah mengajak siswa untuk terbiasa melakukan hal-hal yang menjunjung tinggi budaya atau tata tertib yang berlaku di kehidupan. Demikian, saya simpulkan satu hal yang ingin saya coba dan terapkan dalam kelas adalah memperkenalkan konsep pembelajaran sosial emosional kepada siswa terlebih dahulu, kemudian mengintegrasikan konsep tersebut dalam kegiatan di sekolah dengan cara menerapkan berbagai macam teknik yang dilandasi oleh 3 ruang lingkup (rutin, terintegrasi dalam mata pelajaran, dan protokol.