T4 Elaborasi Pemahaman - Penilaian Dan Evaluasi Pemahaman Dalam UbD [PDF]

  • 0 0 0
  • Suka dengan makalah ini dan mengunduhnya? Anda bisa menerbitkan file PDF Anda sendiri secara online secara gratis dalam beberapa menit saja! Sign Up
File loading please wait...
Citation preview

Nama NIM Kelas Dosen Pengampu



: Nanda Mahjatia : 2230111711521 : MIPA-1 : Dr. Syahmani, M.Si. Dr. Hidayah Ansori, M.Si. Dr. Suyidno, M.Pd.



Enam aspek penilaian dan evaluasi UbD memiliki lima kriteria khasanah keilmuan dan perlu untuk dikaji lebih mendalam untuk masing-masing bagian. Oleh karena itu masing-masing peserta perlu mengkaji keilmuan aspek pemahaman ini dengan membandingkan dengan berbagai buku, artikel, makalah, jurnal, prosiding, dll dengan tatacara sebagai berikut. Jawab: Penilaian pada UbD berupa unjuk kerja. Sehingga penilaian diperlukan perangkat untuk menilai pemahaman tidak hanya satu model saja (sesuai dengan modul sebelumnya), Proses evaluasi unjuk kerja peserta didik didasarkan pada penilaian melalui kriteria-kriteria tertentu. Kriteria merupakan perangkat penilaian untuk menentukan apa yang dilihat dalam unjuk kerja siswa. Kriteria digunakan untuk menentukan tingkat pemahaman siswa. Kriteria merupakan basis penilaian yang konsisten dan adil. Enam aspek penilaian dan evaluasi UbD memiliki lima kriteria khasanah keilmuan



Penjelasan



Interpretasi



Akurat



Bermakna



Aplikasi Efektif



Perspektif



Empati



Kredibel



Sensitif



Pengetahuan Diri Sadar diri (selfaware)



Koheren



Berbagai



Efisien



Mengungkap



Terbuka



Metakognitif



fasih



Wawasan



Reseptif



Penyesuaian



wawasan Dibenarkan (ju



Signifikan



stified) Sistematis Prediktif



diri sendiri Ilustratif



Adaptif



Membuat jelas Anggun (gracef



Masuk akal



Perseptif



Reflektif



Tidak biasa



Taktis (tactful)



Bijak



ul) Pada tabel di atas, penilaian terbagi menjadi enam, yaitu penjelasan, interpretasi, aplikasi, perspektif, empati, dan pengetahuan diri. Masing-masing penilaian terdapat lima kriteria.



Kelompok 1 mempresentasikan tentang kriteria dalam penjelasan dengan Aspek-Aspek dalam Kemampuan Menjelaskan yaitu : 1. Akurat



Peserta didik mampu menjelaskan sesuatu yang disampaikan secara tepat, benar, teliti, saksama, dan cermat. Rubrik Akurat 1



2



3



4



Penjelasan tidak sesuai dengan sumber



Penjelasan kurang sesuai dengan sumber



Penjelasan sesuai dengan sumber



Penjelasan sangat sesuai dengan sumber



2. Koheren



Peserta didik mampu menjelaskan sesuatu yang disampaikan mengandung makna yang berkesinambungan dan melengkapi. Rubrik Koheren 1



2



3



4



Penjelasan yang diberikan tidak berkesinambungan



Penjelasan yang diberikan kurang berkesinambungan



Penjelasan yang diberikan berkesinambungan



Penjelasan yang diberikan sangat berkesinambungan



3. Dibenarkan



Peserta didik mampu menjelaskan sesuatu yang disampaikan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan dapat dipercaya.



Rubrik Dibenarkan 1



2



3



4



Penjelasan yang diberikan tidak dapat dipertanggungjawab kan



Penjelasan yang diberikan kurang dapat dipertanggungjawa bkan



Penjelasan yang diberikan dapat dipertanggungjawabka n



Penjelasan yang diberikan sangat dapat dipertanggungja wabkan



4. Sistematis



Peserta didik mampu menjelaskan sesuatu yang disampaikan secara tersusun. Rubrik Sistematis 1



2



3



4



Penjelasan yang diberikan tidak sistematis



Penjelasan yang diberikan kurang sistematis



Penjelasan yang diberikan sistematis



Penjelasan yang diberikan sangat sistematis



5. Prediktif



Peserta didik mampu menjelaskan sesuatu dengan mengedepankan pemikiran HOTS dan mampu memprediksi tren terbaik di masa depan melalui data di masa lalu. Rubrik Sistematis 1



2



3



4



Penjelasan yang diberikan tidak prediktif



Penjelasan yang diberikan kurang prediktif



Penjelasan yang diberikan prediktif



Penjelasan yang diberikan sangat prediktif



Materi tentang aspek dalam penilaian menjelaskan oleh kelompok 1 sama dengan jurnal dari Elsa Septyana yang dia jelaskan di artikel yang dia buat. Menurut Elsa Septyana Aspek pada kreteria penjelasan tersebut juga ada lima aspek dan kreteria penilaian seperti tabel dibawah ini: Aspek Kemampuan Menjelaskan Akurat



Koheren



Sistematis



Dibenarkan



Prediktif



Poin 1



Poin 2



Poin 3



Peserta didik menyampaikan informasi yang kurang tepat



Peserta didik menyampaikan informasi yang benar namun dengan satu kesalahan Peserta didik mampu mengaitkan dengan materi prasyarat walau belum mendetail Peserta didik mampu menjelaskan materi walaupun belum urut. Peserta didik mampu mengungkapkan pengetahuan yang dimiliki dari pendapatnya sendiri namun tidak dapat membuktikan pengetahuan yang diungkapkan adalah benar.



Peserta didik menyampaikan informasi yang benar



Peserta didik tidak mampu mengaitkan dengan materi prasyarat sama sekali Peserta didik tidak mampu menjelaskan materi secara sama sekali Peserta didik hanya mengungkapkan pengetahuan yang dimiliki yang berasal dari pendapat orang lain bukan pendapatnya sendiri serta tidak dapat membuktikan pengetahuan yang diungkapkan adalah benar. Peserta didik tidak



Dapat memprediksi



Peserta didik mampu mengaitkan dengan materi prasyarat secara mendetail Peserta didik mampu menjelaskan materi secara urut. Peserta didik mampu mengungkapkan pengetahuan yang dimiliki, pengetahuan berasal dari pendapatnya sendiri, mampu menjabarkan secara rinci, dan dapat membuktikan pengetahuan yang diungkapkan adalah benar. Dapat memprediksi



dapat memprediksi suatu konsep



suatu konsep dengan suatu konsep dengan benar, tetapi tidak benar dan dapat mengaitkan mengaitkan dengan dengan konsep konsep sebelumnya sebelumnya