4 0 633 KB
Nama NIM Kelas Dosen Pengampu
: Nanda Mahjatia : 2230111711521 : MIPA-1 : Dr. Syahmani, M.Si. Dr. Hidayah Ansori, M.Si. Dr. Suyidno, M.Pd.
Enam aspek penilaian dan evaluasi UbD memiliki lima kriteria khasanah keilmuan dan perlu untuk dikaji lebih mendalam untuk masing-masing bagian. Oleh karena itu masing-masing peserta perlu mengkaji keilmuan aspek pemahaman ini dengan membandingkan dengan berbagai buku, artikel, makalah, jurnal, prosiding, dll dengan tatacara sebagai berikut. Jawab: Penilaian pada UbD berupa unjuk kerja. Sehingga penilaian diperlukan perangkat untuk menilai pemahaman tidak hanya satu model saja (sesuai dengan modul sebelumnya), Proses evaluasi unjuk kerja peserta didik didasarkan pada penilaian melalui kriteria-kriteria tertentu. Kriteria merupakan perangkat penilaian untuk menentukan apa yang dilihat dalam unjuk kerja siswa. Kriteria digunakan untuk menentukan tingkat pemahaman siswa. Kriteria merupakan basis penilaian yang konsisten dan adil. Enam aspek penilaian dan evaluasi UbD memiliki lima kriteria khasanah keilmuan
Penjelasan
Interpretasi
Akurat
Bermakna
Aplikasi Efektif
Perspektif
Empati
Kredibel
Sensitif
Pengetahuan Diri Sadar diri (selfaware)
Koheren
Berbagai
Efisien
Mengungkap
Terbuka
Metakognitif
fasih
Wawasan
Reseptif
Penyesuaian
wawasan Dibenarkan (ju
Signifikan
stified) Sistematis Prediktif
diri sendiri Ilustratif
Adaptif
Membuat jelas Anggun (gracef
Masuk akal
Perseptif
Reflektif
Tidak biasa
Taktis (tactful)
Bijak
ul) Pada tabel di atas, penilaian terbagi menjadi enam, yaitu penjelasan, interpretasi, aplikasi, perspektif, empati, dan pengetahuan diri. Masing-masing penilaian terdapat lima kriteria.
Kelompok 1 mempresentasikan tentang kriteria dalam penjelasan dengan Aspek-Aspek dalam Kemampuan Menjelaskan yaitu : 1. Akurat
Peserta didik mampu menjelaskan sesuatu yang disampaikan secara tepat, benar, teliti, saksama, dan cermat. Rubrik Akurat 1
2
3
4
Penjelasan tidak sesuai dengan sumber
Penjelasan kurang sesuai dengan sumber
Penjelasan sesuai dengan sumber
Penjelasan sangat sesuai dengan sumber
2. Koheren
Peserta didik mampu menjelaskan sesuatu yang disampaikan mengandung makna yang berkesinambungan dan melengkapi. Rubrik Koheren 1
2
3
4
Penjelasan yang diberikan tidak berkesinambungan
Penjelasan yang diberikan kurang berkesinambungan
Penjelasan yang diberikan berkesinambungan
Penjelasan yang diberikan sangat berkesinambungan
3. Dibenarkan
Peserta didik mampu menjelaskan sesuatu yang disampaikan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan dapat dipercaya.
Rubrik Dibenarkan 1
2
3
4
Penjelasan yang diberikan tidak dapat dipertanggungjawab kan
Penjelasan yang diberikan kurang dapat dipertanggungjawa bkan
Penjelasan yang diberikan dapat dipertanggungjawabka n
Penjelasan yang diberikan sangat dapat dipertanggungja wabkan
4. Sistematis
Peserta didik mampu menjelaskan sesuatu yang disampaikan secara tersusun. Rubrik Sistematis 1
2
3
4
Penjelasan yang diberikan tidak sistematis
Penjelasan yang diberikan kurang sistematis
Penjelasan yang diberikan sistematis
Penjelasan yang diberikan sangat sistematis
5. Prediktif
Peserta didik mampu menjelaskan sesuatu dengan mengedepankan pemikiran HOTS dan mampu memprediksi tren terbaik di masa depan melalui data di masa lalu. Rubrik Sistematis 1
2
3
4
Penjelasan yang diberikan tidak prediktif
Penjelasan yang diberikan kurang prediktif
Penjelasan yang diberikan prediktif
Penjelasan yang diberikan sangat prediktif
Materi tentang aspek dalam penilaian menjelaskan oleh kelompok 1 sama dengan jurnal dari Elsa Septyana yang dia jelaskan di artikel yang dia buat. Menurut Elsa Septyana Aspek pada kreteria penjelasan tersebut juga ada lima aspek dan kreteria penilaian seperti tabel dibawah ini: Aspek Kemampuan Menjelaskan Akurat
Koheren
Sistematis
Dibenarkan
Prediktif
Poin 1
Poin 2
Poin 3
Peserta didik menyampaikan informasi yang kurang tepat
Peserta didik menyampaikan informasi yang benar namun dengan satu kesalahan Peserta didik mampu mengaitkan dengan materi prasyarat walau belum mendetail Peserta didik mampu menjelaskan materi walaupun belum urut. Peserta didik mampu mengungkapkan pengetahuan yang dimiliki dari pendapatnya sendiri namun tidak dapat membuktikan pengetahuan yang diungkapkan adalah benar.
Peserta didik menyampaikan informasi yang benar
Peserta didik tidak mampu mengaitkan dengan materi prasyarat sama sekali Peserta didik tidak mampu menjelaskan materi secara sama sekali Peserta didik hanya mengungkapkan pengetahuan yang dimiliki yang berasal dari pendapat orang lain bukan pendapatnya sendiri serta tidak dapat membuktikan pengetahuan yang diungkapkan adalah benar. Peserta didik tidak
Dapat memprediksi
Peserta didik mampu mengaitkan dengan materi prasyarat secara mendetail Peserta didik mampu menjelaskan materi secara urut. Peserta didik mampu mengungkapkan pengetahuan yang dimiliki, pengetahuan berasal dari pendapatnya sendiri, mampu menjabarkan secara rinci, dan dapat membuktikan pengetahuan yang diungkapkan adalah benar. Dapat memprediksi
dapat memprediksi suatu konsep
suatu konsep dengan suatu konsep dengan benar, tetapi tidak benar dan dapat mengaitkan mengaitkan dengan dengan konsep konsep sebelumnya sebelumnya