T6 Abk LK6 [PDF]

  • 0 0 0
  • Suka dengan makalah ini dan mengunduhnya? Anda bisa menerbitkan file PDF Anda sendiri secara online secara gratis dalam beberapa menit saja! Sign Up
File loading please wait...
Citation preview

Nama



: Rifaldi, S.Pd



Rumpun : Ilmu Pendidikan Tugas



: T6-ABK-LK6



LEMBAR KERJA VI



Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! 1.



Jelaskan peran planning matrix ! Jawab : Planning matrix merupakan peta kondisi yang menggambarkan kondisi setiap anak/siswa. yang bertujuan Menentukan situasi aktual akademik maupun kekhususan sesuai hasil asesmen juga berfungsi Memudahkan guru dalam menetapkan



kemampuan



awal.



Prosedur



pengembangan



planning



matrix



Mengklasifikasikan hasil asesmen berdasarkan aspek. Menuliskan hasil temuan kondisi karakteristik ABK pada tabel. Menganalisis dampak temuan kondisi ABK dan ditulis pada tabel. Menganalisis strategi layanan pada setiap temuan dan tulis pada tabel. Menganalisis skala prioritas layanan berdasarkan berat ringannya dampak yang telah ditulis pada tabel.



2.



Jelaskan konsep dan fungsi dari Program Pembelajaran Individual! Jawab : a. Konsep PPI merupakan program pembelajaran yang dibuat berdasarkan dengan kebutuhan peserta didik, berpusat pada peserta didik, dan bekerja dengan peserta didik untuk menyelaraskan antara kebutuhan, tugas, dan perkembangan peserta didik agar peserta didik dapat berkembang secara optimal. b. Fungsi PPI ditujukan atau berfungsi kepada ABK yang memang tidak memungkinkan menggunakan kurikulum reguler maupun yang telah di modifikasi.



3.



Jelaskan konsep dari Akomodasi Pembelajaran! Jawab : Akomodasi atau penyesuaian RPP dapat dilakukan pada area tujuan, materi, metode dan/atau evaluasi pembelajaran. Penyesuaian ini dilakukan sesuai dengan kondisi kebutuhan belajar ABK yang berdasarkan hasil asesmen. Akomodasi yang dilakukan selama pembelajaran menyesuaikan dengan kondisi hambatan yang dialami anak baik disabilitas penglihatan, disabilitas pendengaran, disabilitas intelektual, autis, gangguan emosi sosial, hingga cerdas istimewa/berbakat istimewa. Penyesuaian ini dapat dilakukan melalui akomodasi pada aspek meliputi: (1) akomodasi materi, (2) akomodasi strategi dan metode, (3) akomodasi media, alat dan sumber belajar, (4) akomodasi pengelolaan lingkungan fisik dan nonfisik dan (5) akomodasi penilaian.



4.



Jelaskan langkah-langkah dalam menyusun RPP akomodatif! Jawab : Adapun langkah-langkah dalam menyusun RPP akomodatif yaitu ; a. Deskripsi singkat kemampuan peserta didik sekarang b. Tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek c. Rincian layanan pendidikan khusus dan layanan lain yang akan diberikan d. Sasaran e. Metode f. Ketercapaian sasaran g. Evaluasi



5.



Jelaskan pelaporan hasil belajar untuk ABK! Jawab : Bentuk pelaporan hasil pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus: a. Untuk peserta didik yang menggunakan templat kurikulum formal lengkap, formulir laporan menggunakan templat transkrip reguler saat ini. b. Untuk peserta didik yang menggunakan Model Kurikulum Revisi, Model Pelaporan Hasil Belajar menggunakan rapor biasa dengan keterangan (narasi)



yang menggambarkan kualitas kemajuan akademik peserta didik. dibandingkan dengan c. Untuk peserta didik yang menggunakan program personalisasi menggunakan formulir laporan kuantitatif yang dilengkapi dengan deskripsi (narasi). Penilaian kuantitatif berdasarkan keterampilan dasar (baseline). d. Model rapor dalam sekolah inklusif pada dasarnya sama dengan model transkrip di semua satuan pendidikan yang meliputi SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, SMK, yang membedakan adalah jenis rapor per satuan studi dan khusus program