18 0 494 KB
Ruang Kolaborasi Computational Thinking Topik 8
Nama/NIM : Ulva Hazimatunnabila/202210631013205 Jenjang/mata pelajaran yang akan diampu : SD/Matematika Nomor soal
1
Jawaban: Rencana analisis yang akan dilakukan sesuai pemahaman: 1. Mencari rata - rata nilai setiap anak 2. Mengelompokkan anak sesuai kategori nilai 3. Mengidentifikasi anak dengan nilai rendah dan melakukan bimbingan Langkah Penyelesaian 1. Cari rata - rata untuk masing - masing siswa Nama
Nilai 1
Nilai 2
Nilai 3
Nilai 4
Rata - rata
Aldi
90
69
70
95
81
Budi
70
40
50
75
58.75
Ceri
60
21
10
10
25.25
Dona
89
73
70
90
80.5
Emi
50
5
5
0
15
Feri
50
15
10
3
19.5
Gina
70
30
45
69
53.5
Heri
75
48
49
71
60.75
Iwan
60
5
10
2
19.25
Jojo
75
38
41
78
58
2. Dari rata-rata siswa, cobalah untuk mengelompokkan siswa-siswa mana yang membutuhkan
perhatian khusus, siswa mana yang kemampuannya menengah, dan siswa mana yang memiliki kemampuan cenderung bagus. Berikan penjelasan dari jawaban Anda! Nama
Nilai 1
Nilai 2
Nilai 3
Nilai 4
Rata - rata
Ket.
Aldi
90
69
70
95
81
Baik
Budi
70
40
50
75
58.75
Menengah
Ceri
60
21
10
10
25.25
Rendah
Dona
89
73
70
90
80.5
Baik
Emi
50
5
5
0
15
Rendah
Feri
50
15
10
3
19.5
Rendah
Gina
70
30
45
69
53.5
Menengah
Heri
75
48
49
71
60.75
Menengah
Iwan
60
5
10
2
19.25
Rendah
Jojo
75
38
41
78
58
Menengah
Pengelompokkan dilakukan dengan membagi skala 0-100 menjadi 3 bagian dimana 0-50 merupakan kelompok perlu bimbingan, 51-75 merupakan kelompok menengah, dan 76-100 merupakan kelompok kemampuan baik A. Carilah rata-rata nilai siswa untuk masing-masing materi!
Nama
Nilai 1
Nilai 2
Nilai 3
Nilai 4
Aldi
90
69
70
95
Budi
70
40
50
75
Ceri
60
21
10
10
Dona
89
73
70
90
Emi
50
5
5
0
Feri
50
15
10
3
Gina
70
30
45
69
Heri
75
48
49
71
Iwan
60
5
10
2
Jojo
75
38
41
78
Rata - rata
68.9
34.4
36
49.3
B. Dari rata-rata tersebut, adakah materi yang nilai rata-ratanya lebih kecil daripada rata-
rata kelas? Materi apa sajakah itu? → Terdapat 2 materi dengan nilai rata - rata yang kurang dari rata - rata kelas (48) yaitu materi 2 dan 3. C. Dari pertanyaan b, Anda akan mendapati salah satu materi mendapatkan nilai ratarata yang sedikit lebih kecil dibanding rata-rata kelas. Nilai rata - rata yang kecil di sebuah materi tidak selalu berarti materi tersebut terlalu sulit, bisa saja ada anak-anak yang nilainya sangat kecil sehingga membuat rata-rata kelas menjadi kecil sekalipun cukup banyak siswa yang nilainya juga bagus. Untuk mengetahui apakah penyebab kecilnya rata-rata pada materi tersebut adalah karena soal yang terlalu sulit atau karena faktor siswa, Anda dapat melihat sebaran nilai untuk masing - masing materi. Salah satu untuk melihat sebaran adalah dengan membuat grafik boxplot untuk
masing-masing materi. Buatlah grafik boxplot dari masing-masing materi!
D. Dari grafik boxplot tersebut, berikan kesimpulan akhir Anda mengenai materi mana yang memang sulit dan materi mana yang rata-ratanya cukup kecil tapi sebenarnya hal tersebut dikarenakan ada siswa-siswa yang nilainya sangat tidak bagus! → Dari grafik tersebut dapat disimpulkan bahwa materi ke 2 paling sulit dari materi lain karena sebaran nilai tidak luas dan memiliki rata - rata terkecil diantara materi lain. Sedangkan materi ke 4 merupakan materi yang memiliki sebaran nilai luas sehingga menyebabkan nilai rata - rata turun.
Implementasi konsep CT (dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, algoritma, analisis data, pemodelan dan simulasi): ➔ Dekomposisi: Mencari nilai rata - rata tiap materi dan siswa ➔ Pengenalan pola: Mengelompokkan tingkat kesulitan materi nilai rata-rata dan ratarata siswa ➔ Abstraksi: Mengeliminasi nilai rata-rata siswa tiap materi dan lebih fokus ke sebaran nilai tiap materi ➔ Algoritma: 1. Menghitung nilai rata - rata siswa dan materi 2. Menghitung nilai kuartil 1 dan 3, nilai minimal dan nilai maksimal tiap materi 3. Memasukkan nilai yang diperoleh hingga menjadi grafik boxplot 4. Kesimpulan ditarik berdasarkan grafik yang diperoleh
➔ Analisis data: Menghitung nilai rata - rata, kuartil 1 dan 3, serta nilai minimal dan nilai maksimal ➔ Pemodelan: Memodelkan nilai materi 1 hingga terakhir menjadi grafik boxplot ➔ Simulasi: Membuat grafik boxplot digunakan dengan dataset lain dan grafik dapat memberikan kesimpulan yang sesuai
Jenjang/mata pelajaran : SD/Pendikan Pancasila Nomor soal: 2 Jawaban: a. Buatlah beberapa kelompok rumah yang menurut Anda sejenis
Cara 1: Pengelompokan berdasarkan kesamaan bentuk atap Kelompok 1:Rumah a, Rumah e, dan Rumah g. Kolompok 2: Rumah b, Rumah f, dan Rumah h. Kelompok 3: Rumah c, Rumah d, dan Rumah i. Cara 2: Pengelompokan berdasarkan bentuk rumah Rumah Panggung Kelompok 1:Rumah a, Rumah e, dan Rumah g. Rumah Terapung Kelompok 2: Rumah b, Rumah f, dan Rumah h. Rumah Honai Kelompok 3: Rumah c, Rumah d, dan Rumah i. Cara 3: Pengelompokan berdasarkan tempat Kelompok rumah di darat : Rumah a, Rumah c, Rumah d, Rumah e, Rumah g, dan Rumah i. Kelompok rumah di air : Rumah e, Rumah f, dan Rumah h. b. Tuliskan sifat-sifat dari rumah yang berada di satu kelompok yang sama 1. Pegelompokan berdasarkan bentuk atap 2. Pengelompokan berdasarkan bentuk rumah 3. Pengelompokan berdasarkan tempat
Implementasi konsep CT (dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, algoritma, analisis data, pemodelan dan simulasi): ➔ Dekomposisi: menentukan jenis rumah berdasarkan ciri yang ada ➔ Pengenalan pola: menentukan ciri - ciri rumah yang sama pada setiap gambar rumah ➔ Abstraksi: eliminasi pengelompokan rumah berdasarkan tempat dan lebih fokus ke bentuk atap serta bentuk rumah ➔ Algoritma: 1. Penentuan jenis rumah 2. Mengenali ciri - ciri pada rumah yang ada 3. Mengelompokkan rumah sesuai dengan ciri yang sama 4. Rumah yang ada sudah berada di kelompok yang sama berdasarkan ciri-cirinya ➔ Analisis data: Membandingkan jenis rumah dari a-i, selanjutnya dikelompokkan menjadi 3 kelompok rumah sesuai dengan jenis atap dan rumah adat. ➔ Pemodelan: ➔ Simulasi: Membuat gambar simulasi dengan menggambar masing-masing rumah sesuai jenis atap dan rumah adat sesuai kelompok rumah.
Tabel 3.1 Kriteria penilaian
Anggota 1
Anggota 2
Anggota 3
Anggota 4
Anggota 5
Ya, cara mengerjak an soal yang dituliskan dapat dipahami
Ya, cara mengerjak an soal yang dituliskan dapat dipahami
Ya, cara mengerjak an soal yang dituliskan dapat dipahami
Ya, cara mengerjak an soal yang dituliskan dapat dipahami
Ya, cara mengerjak an soal yang dituliskan dapat dipahami
Apakah cara mengerjakan sudah lengkap?
Ya, cara mengerjak an sudah lengkap
Ya, cara mengerjak an sudah lengkap
Ya, cara mengerjak an sudah lengkap
Ya, cara mengerjak an sudah lengkap
Ya, cara mengerjak an sudah lengkap
Apakah cara mengerjakan dapat diikuti tanpa menimbulkan keambiguan?
Ya, ara mengerjak an dapat diikuti tanpa menimbulkan keambiguan
Ya, ara mengerjak an dapat diikuti tanpa menimbulkan keambiguan
Ya, ara mengerjak an dapat diikuti tanpa menimbulkan keambiguan
Ya, ara mengerjak an dapat diikuti tanpa menimbulkan keambiguan
Ya, ara mengerjak an dapat diikuti tanpa menimbulkan keambiguan
Apakah 4 fondasi CT yang ditulis benar?
Ya, 4 fondasi CT yang ditulis sudah benar
Ya, 4 fondasi CT yang ditulis sudah benar
Ya, 4 fondasi CT yang ditulis sudah benar
Ya, 4 fondasi CT yang ditulis sudah benar
Ya, 4 fondasi CT yang ditulis sudah benar
Apakah cara mengerjakan soal yang dituliskan dapat dipahami?
Apakah 4 fondasi CT yang dituliskan dijelaskan dengan lengkap?
Ya, 4 fondasi CT yang dituliskan sudah lengkap
Ya, 4 fondasi CT yang dituliskan sudah lengkap
Ya, 4 fondasi CT yang dituliskan sudah lengkap
Ya, 4 fondasi CT yang dituliskan sudah lengkap
Ya, 4 fondasi CT yang dituliskan sudah lengkap
Apakah contoh masalah sehari-hari yang dituliskan sesuai dengan persoalan yang diselesaikan?
Ya, contoh masalah sehari-hari yang dituliskan sudah sesuai dengan persoalan yang telah diselesaikan
Ya, contoh masalah sehari-hari yang dituliskan sudah sesuai dengan persoalan yang telah diselesaikan
Ya, contoh masalah sehari-hari yang dituliskan sudah sesuai dengan persoalan yang telah diselesaikan
Ya, contoh masalah sehari-hari yang dituliskan sudah sesuai dengan persoalan yang telah diselesaikan
Ya, contoh masalah sehari-hari yang dituliskan sudah sesuai dengan persoalan yang telah diselesaikan
Tabel 3.2 Perbaikan yang perlu dilakukan Nomor soal
Hal yang perlu diperbaiki
Masukan atau saran perbaikan
1
Menjawab soal Analisis data
Sebaiknya sering berlatih soal mengenai analisis data
2
Menjawab soal Analisis data
Sebaiknya sering berlatih soal mengenai analisis data
3 4 5