T4-3c Unggah Tugas Ruang Kolaborasi-1 [PDF]

  • 0 0 0
  • Suka dengan makalah ini dan mengunduhnya? Anda bisa menerbitkan file PDF Anda sendiri secara online secara gratis dalam beberapa menit saja! Sign Up
File loading please wait...
Citation preview

Pembelajaran Sosial Emosional Ruang Kolaborasi Topik 4 : Experiential Learning untuk Pembelajaran Emosional



Disusun oleh: Saifullah Yusuf



(2201610023)



Andini Stela Devi



(2201610027)



Sekar Laraswati



(2201610032)



Lutfiana Husnawati



(2201610037)



Ashyar Reza Pahlevi (2201610034)



Dosen Pengampu : Drs. Sutomo, M.Si.



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI GURU PRAJABATAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO TAHUN 2023



Tabel 4 4 Contoh Aspek Pengamatan Perilaku Peserta Didik



Target perilaku



Perilaku merespon dengan sopan peserta didik.



Observer



Guru beberapa mata pelajaran (misal dalam 3 mata pelajaran berbeda, Geografi, Sosiologi, dan Sejarah)



Durasi



Selama mata pelajaran tersebut selama 2 minggu.



Alat pencatat



Kertas/catatan, dibantu camera (CCTV), instrumen observer, ATK.



Pencatatan: Tabel 4 5 Contoh Tabel Pencatatan Pengamatan pada Peserta Didik



Perilaku Tidak Sopan Pada Mata Pelajaran



Frekuensi dan durasi



Keterangan



Pendidikan Pancasila Minggu 1



Selama 1 jam ada



Paling lama ada 5



yangtidaksopan



3 kali perilaku



menit



- Adakah perilaku lain



ini muncul,



peserta



durasi berkisar



menggunakan



2- 5 menit. Paling



intonasi nada tinggi



lama ada 5 menit



ketika



Misalnya:gaduh dalam kelas,



di mana peserta



penggunaan



berbicara tidak sopan, dan



didik menggunakan



kasar, dan perilaku



intonasi perkataan dengan



intonasi nada tinggi



gaduh yang membuat



nada yang tinggi. namun



ketika berbicara,



kelas tidak kondusif.



aktif merespon



penggunaan bahasa



bila ditegur oleh guru



pembelajaran



kasar, dan perilaku



peserta didik akan



Sejarah, ada potensi untuk



gaduh yang



diam



memperbaiki intonasi



membuat kelas



kemudian akan dan



suara pada saat



tidak kondusif. bila



kemudian



mengutarakan pendapat



ditegur oleh guru



melakukan



terkait potensi kemampuan



peserta didik akan



yang



public speaking peserta didik



diam sesaat tetapi



kembali.



yang dapat dikembangkan



kemudian akan dan



- Ada/muncul perilaku



yang



-



positif/yang



baik yang muncul?



Kemudian melakukan yang



hal sama



kembali. -



Perilaku baik/positif



yang



dapat dikembangkan yaitu



dimana didik



berbicara,



sesaat



bahasa



tetapi



hal sama



potensi kemampuan public speaking peserta didik



Pada mata pelajaran Pendidikan



Perilaku Tidak sopan



Frekuensi dan durasi



Keterangan



Pancasila Minggu 2



Ada/muncul



Dalam 1 jam ada 2 kali



Sama



peserta



sebelumnya,



didik peserta



seperti bila



didik menggunakan



ditegur



intonasi nada tinggi



memperhatikan namun



ketika berbicara,



setelah itu akan



penggunaan bahasa kasar diulangi kembali. berkisar setiap



2-3 kalinya,



menit dan



perilaku gaduh yang membuat kelas tidak kondusif.



akan



Catatan: Ya, Pencatatan konsisten yang dilakukan di tiap



kelas



dan kemudian apakah perilaku tersebut konsisten.



Peserta didik yang lain sebagian kecil melakukan hal yang sama (tidak sopan) dengan peserta didik tersebut.



cara mengajar guru dengan pemanfaatan media pembelajaran yang menarik (penampilan video, film dan aplikasi games pembelajaran)