15 0 73 KB
Pembelajaran Sosial Emosional Ruang Kolaborasi Topik 4 : Experiential Learning untuk Pembelajaran Emosional
Disusun oleh: Saifullah Yusuf
(2201610023)
Andini Stela Devi
(2201610027)
Sekar Laraswati
(2201610032)
Lutfiana Husnawati
(2201610037)
Ashyar Reza Pahlevi (2201610034)
Dosen Pengampu : Drs. Sutomo, M.Si.
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI GURU PRAJABATAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO TAHUN 2023
Tabel 4 4 Contoh Aspek Pengamatan Perilaku Peserta Didik
Target perilaku
Perilaku merespon dengan sopan peserta didik.
Observer
Guru beberapa mata pelajaran (misal dalam 3 mata pelajaran berbeda, Geografi, Sosiologi, dan Sejarah)
Durasi
Selama mata pelajaran tersebut selama 2 minggu.
Alat pencatat
Kertas/catatan, dibantu camera (CCTV), instrumen observer, ATK.
Pencatatan: Tabel 4 5 Contoh Tabel Pencatatan Pengamatan pada Peserta Didik
Perilaku Tidak Sopan Pada Mata Pelajaran
Frekuensi dan durasi
Keterangan
Pendidikan Pancasila Minggu 1
Selama 1 jam ada
Paling lama ada 5
yangtidaksopan
3 kali perilaku
menit
- Adakah perilaku lain
ini muncul,
peserta
durasi berkisar
menggunakan
2- 5 menit. Paling
intonasi nada tinggi
lama ada 5 menit
ketika
Misalnya:gaduh dalam kelas,
di mana peserta
penggunaan
berbicara tidak sopan, dan
didik menggunakan
kasar, dan perilaku
intonasi perkataan dengan
intonasi nada tinggi
gaduh yang membuat
nada yang tinggi. namun
ketika berbicara,
kelas tidak kondusif.
aktif merespon
penggunaan bahasa
bila ditegur oleh guru
pembelajaran
kasar, dan perilaku
peserta didik akan
Sejarah, ada potensi untuk
gaduh yang
diam
memperbaiki intonasi
membuat kelas
kemudian akan dan
suara pada saat
tidak kondusif. bila
kemudian
mengutarakan pendapat
ditegur oleh guru
melakukan
terkait potensi kemampuan
peserta didik akan
yang
public speaking peserta didik
diam sesaat tetapi
kembali.
yang dapat dikembangkan
kemudian akan dan
- Ada/muncul perilaku
yang
-
positif/yang
baik yang muncul?
Kemudian melakukan yang
hal sama
kembali. -
Perilaku baik/positif
yang
dapat dikembangkan yaitu
dimana didik
berbicara,
sesaat
bahasa
tetapi
hal sama
potensi kemampuan public speaking peserta didik
Pada mata pelajaran Pendidikan
Perilaku Tidak sopan
Frekuensi dan durasi
Keterangan
Pancasila Minggu 2
Ada/muncul
Dalam 1 jam ada 2 kali
Sama
peserta
sebelumnya,
didik peserta
seperti bila
didik menggunakan
ditegur
intonasi nada tinggi
memperhatikan namun
ketika berbicara,
setelah itu akan
penggunaan bahasa kasar diulangi kembali. berkisar setiap
2-3 kalinya,
menit dan
perilaku gaduh yang membuat kelas tidak kondusif.
akan
Catatan: Ya, Pencatatan konsisten yang dilakukan di tiap
kelas
dan kemudian apakah perilaku tersebut konsisten.
Peserta didik yang lain sebagian kecil melakukan hal yang sama (tidak sopan) dengan peserta didik tersebut.
cara mengajar guru dengan pemanfaatan media pembelajaran yang menarik (penampilan video, film dan aplikasi games pembelajaran)