T4-3c Unggah Tugas Ruang Kolaborasi [PDF]

  • 0 0 0
  • Suka dengan makalah ini dan mengunduhnya? Anda bisa menerbitkan file PDF Anda sendiri secara online secara gratis dalam beberapa menit saja! Sign Up
File loading please wait...
Citation preview

Pembelajaran Sosial Emosional Ruang Kolaborasi Topik 4 : Experiential Learning untuk Pembelajaran Emosional



Disusun oleh: Dwi Maftuhah



(2201670067)



Arini Dwi Wahyuni



(2201670068)



Natasya Nur Musrifa



(2201670080)



Azizah Nurlaila Yusuf. (2201670084) Pery Jayanto



(2201670081)



Dosen Pengampu : Dini Siswani Mulia, S.Pi., M.Si.



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI GURU PRAJABATAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO TAHUN 2023



Tabel 4 4 Contoh Aspek Pengamatan Perilaku Peserta Didik



Target perilaku



Perilaku merespon dengan sopan peserta didik.



Observer



Guru beberapa mata pelajaran (misal dalam 3 mata pelajaran berbeda, Biologi, Fisika, Kimia)



Durasi



Selama mata pelajaran tersebut selama 2 minggu.



Alat pencatat



Kertas/catatan, dibantu camera (CCTV), instrumen observer, ATK.



Pencatatan: Tabel 4 5 Contoh Tabel Pencatatan Pengamatan pada Peserta Didik



Pada Mata Pelajaran Pendidikan Biologi



Perilaku Tidak Sopan



Frekuensi dan durasi



Minggu 1



- Ada/muncul perilaku



- Selama 1 jam ada 3 kali



Keterangan



Paling lama ada 5



perilakuini muncul, durasi



menit dimana



berkisar 2- 5 menit. Paling



peserta didik



lama ada 5 menit di mana



menggunakan



peserta didik menggunakan



intonasi nada



intonasi nada tinggiketika



tinggi ketika



berbicara, penggunaan bahasa



berbicara,



Misalnya : gaduh dalam



kasar, dan perilaku gaduh



penggunaan



kelas,berbicara tidak



yang membuat kelas tidak



bahasa kasar, dan



sopan, dan intonasi



kondusif. biladitegur oleh guru perilaku gaduh



perkataan dengan nada



peserta didik akan diam sesaat



yang membuat



yang tinggi. namun aktif



tetapi Kemudian melakukan



kelas tidak



merespon pembelajaran



hal yang sama Kembali.



kondusif.bila



yang tidak sopan - Adakah



perilaku



lain yang positif/ yang



baik



yang



muncul?



Biologi, ada potensi untukmemperbaiki intonasi suara pada saat mengutarakan pendapat



- Perilaku baik/positif yang dapat dikembangkan yaitu potensi kemampuanpublic speaking peserta didik



ditegur oleh guru peserta didik akan diam sesaat tetapi kemudian akan



terkait potensi



dan kemudian



kemampuan public



melakukan hal



speaking peserta didik



yang sama



yang dapat dikembangkan



kembali.



Pada Mata Pelajaran Biologi



Minggu 2



Perilaku Tidak sopan



Ada/muncul



Frekuensi dan durasi



Keterangan



Dalam 1 jam ada 2 kali



Sama seperti



Peserta didik peserta



sebelumnya, bila



didik menggunakan



ditegur akan



intonasi nada tinggi



memperhatikan namun



ketika berbicara,



setelah itu akan



penggunaan bahasa kasar berkisar 2-3 menit setiap kalinya, dan perilaku gaduh yang membuat kelas tidak kondusif.



diulangi kembali.



Catatan: -



Ya, Pencatatan konsisten yang dilakukan di tiap kelas dan kemudian apakah perilaku tersebut konsisten.



-



Peserta didik yang lain sebagian kecil melakukan hal yangsama (tidak sopan) dengan peserta didik tersebut.



-



cara mengajar guru dengan pemanfaatan media pembelajaran yang menarik (penampilan video, film dan aplikasi games pembelajaran)